Macam-Macam Jenis Kayu Untuk Furniture

Macam-Macam Jenis Kayu Untuk Furniture

Mengingat pentingnya fungsi kayu dalam sebuah bangunan, khususnya untuk pembuatan furniture. beberapa jenis kayu yang memiliki kualitas terbaik yang dapat dijadikan bahan mebel atau furniture yaitu :Kayu Jati

  1. Kayu Jati

Dalam industri mebel, kayu jati menjadi primadona. Bisa dikatakan salah satu jenis kayu premium. Kayu jati butuh waktu hingga puluhan tahun untuk bisa digunakan sebagai bahan mebel atau furniture. Faktor usia inilah salah satu yang mempengaruhi harga kayu jati menjadi mahal. Selain itu karena faktor suply and demand, banyak yang cari, tapi stok terbatas.Kayu jati lebih awet dibandingkan dengan kayu lainnya karena memiliki kandungan minyak alami dalam jumlah banyak. Meskipun begitu, ini juga menjadi kelemahan kayu jati. Karena memiliki kandungan minyak alami banyak, kayu jati tidak cocok menggunakan finishing solid warna cerah seperti putih, merah, hijau, dll. Karena lama-kelamaan akan mengeluarkan minyak alami yang akan menimbulkan bekas noda menjadi warna kekuning-kuningan pada perabot furniture Anda. Untuk warna solid gelap seperti hitam atau coklat, noda hasil minyak alami masih bisa ditolerir, namun jika diperhatikan secara detail, tetap mengganggu keindahan.

2. Kayu Mahogani

Mahogany adalah salah satu bahan baku utama dalam pembuatan mebel jepara selain kayu jati. Jika kayu jati lebih diidolakan dipasar lokal, maka kayu mahoni ini menjadi idola di luar negeri, khususnya negara eropa. Jadi banyak pengrajin mebel jepara yang menggunakan kayu mahoni ini, khususnya untuk produk eksport.Kayu mahoni mempunyai serat yang lebih halus dibandingkan kayu jati. Mempunyai pori-pori kecil sehingga produk furniture yang dihasilkan pun juga sangat halus. Warna kayu mahoni agak kemerah-merahan pada bagian dalam, serta pada bagian luar berwarna coklat tua.

3. Kayu Trembesi

Kayu ini biasa digunakan sebagai peneduh jalan. Mampu hidup dialam yang minim air atau panas. Mempunyai pertumbuhan yang relatif lebih cepat dibanding pohon lainnya. Maka dari itu sering dijumpai ukuran kayu ini besar-besar tidak seperti kayu jati. Biasanya digunakan untuk produk furniture yang konstruksinya mendukung untuk kekuatan produk itu sendiri, seperti meja solid dibawah ini.Kayu trembesi memiliki guratan serat bagus seperti kayu jati. Seratnya menonjol dan teratur. Kesan elegan yang ditimbulkan menjadi kuat karena seratnya. Saat masih berupa pohon, kayu ini tahan terhadap cuaca ektrim. Namun setelah menjadi kayu, tidak kuat jika ditempatkan diluar ruangan. Lebih cocok digunakan untuk produk indoor yang tidak memiliki sambungan konstruksi, design padat tebal atau untuk patung-patung berukuran besar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.